-->

Pengertian Paragaf dan Jenis-Jenis paragraf Lengkap

Kembali lagi dengan blog kita ArsilSwimm. Kali ini ArsilSwimm akan menjelaskan tentang pengertian paragraf dan Jenis-jenis dalam paragraf. Baik langsung saja kita ke tema pengertian paragraf dan jenis-jenisnya.

Pengertian Paragraf


Paragraf adalah rangkain kalimat yang memiliki suatu gagasan atau topik utama. Dalam sebuah karya tulisan pastilah teman-teman semua tidak asing lagi dengan yang namanya paragraf. Namun dalam paragraf sendiri ada beberapa jenis atau letak gagasan utamanya dan tujuanya.

Jenis Menurut Letak Gagasan Utama dalam Paragraf


1. Paragraf Dedukit

Paragraf Deduktif biasanya gagasan utamanya berada pada kalimat pertama, dan kalimat-kalimat yang lain menjadi pendukung dari kalimat utamanya. Jenis Paragraf Deduktif ini memiliki gagasan utama atau pikiran utama yaitu dibagian awal pada rangkaian kalimat.

2. Paragraf Induktif

Jenis Paragraf yang satu ini beerkebalikan dengan yang sebelumnya dimana yang sebelumnya gagasan utamanya berada di awl sedangkan untuk paragraf yang satu ini berada pada bagian akhir dari sebuah rangkaian kalimat. Fungsi dari paragraf indukti ini untuk menyimpulkan dari kalimat penjelas di kalimat yang sebelumnya.

3. Paragraf Campuran

Jenis paragraf yang berbeda lagi dari paragaf yang sebelumnya kita bahas. Paragraf campuran disini adalah gabungan dari gabungan antara gagasan utama baik yang berada di awal atau di akhir pada rangkaian kalimat.

Bagian awal dari kalimat biasanya berisi tentang inti dari paragraf tersebut, sementara untuk paragraf akhir untuk penekanan atau penjelas atau sebagai penekan mengenai gagasan yang utama namun dengan kalimat yang berbeda tentunya.

Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuanya


Paragraf mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Ada yang bertujuan atau bersifat memaparkan, mengajak, dan lain-lain. Dalam hal ini jenis paragraf dibagi menjadi lima jenis, Untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasan berikut.

1. Paragraf Narasi

Paragraf yang pertama yaitu Narasi dimana paragraf yang satu ini bersifat menceritakan kronologis dengan susunan kalimat yang runtut sehingga akan memudahkan pembaca memahami atau membayangkan tentang maksud dari paragraf tersebut. Jenis yang satu ini biasanya bisa kita jumpai pada cerpen, novel ataupun yang lainya.

2. Paragraf Eksposisi

Jenis paragraf yang satu ini adalah jenis yang isinya merupakan hasil penjelasan dengan guna memaparkan fakta-fakta yang ada. Paragraf yang satu ini biasanya memparkan tentang hal-hal yang berbau ilmiah dimana mempunyai tujuan memberikan informasi yang sangat detail untuk pembacanya.

Paragraf Eksposisi ini mempunyai ciri-ciri dengan mempunyai fakta yang jelas dri berita maupun dari penilitian yang ada dan biasanya bisa kita jumpai pada artikel-artikel tentang berita-berita.

3. Paragraf Argumentasi

Jenis paragraf yang satu ini biasanya memberikan pandangan kepada pembacanya, dimana dalam pendanganya penulis biasanya tidak hanya menyediakan tentang fakta saja namun juga memberikan pendapat-pendapatnya.

Dalam paragraf ini data hanyalah pelengkap dari opini sang penulis, maka akan sering kita jumpai keismpulan dari rentetan kalimatnya dari penulis atau bisa dibilang kesimpulanya berada pada paragraf akhir.

4. Paragraf Persuasi

Jenis paragraf yang satu ini hampir sama dengan paragraf argumentasi yaitu berisi tentang pendapat-pendapat dari penulis terhadap isu-isu tertentu. Namun yang menjadi pembeda adalah kalimat-kalimat yang ditulis cenderung mengandung kata imbauan atau ajakan untuk pembacanya.

5. Paragraf Deskripsi

Jenis paragraf yang satu ini mempunyai tujuan agar sang pembaca dapat merasakan atau membayangkang hal-hal yang dideskripsikan dengan jelas dan nyata, dimana seolah-olah sipembaca dapat melihat jelas dan merasakan dengan jelas. Jadi kesimpulanya paragraf deskripsi adalah kalimat-kalimat yang mengambarkan sebuah objek dengan jelas.

Yah sahabat ArsilSwimm itu tadi pengertian dan beberapa jenis dalam paragraf. Sudah tahu kan sekarang apa itu paragraf dan jenis-jenisnya, dengan ini sahabat ArsilSwimm bisa membuat sebuah karya tulisan seperti membat cerpen dengan baik dan benar.

Semoga dapat bermanfaat terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel