-->

Jenis dan Gambar Burung kenari di seluruh Indonesia



Jenis dan Gambar Burung Kenari - berbagai jenis burung kenari memang menjadi salah satu pilihan burung para penggemar kicau burung karena memiliki beberapa keunggulan, seperti suara yang merdu, warna bulu yang mempesona, dan tubuh yang indah. Bahkan sudah banyak orang yang membudidaya burung kenari untuk mencoba peruntungan dengan diperjual belikan. Ada berbagai macam jenis burung kenari seperti kenari gloster, kenari norwich, kenari yorkshire, kenari border, kenari gloster, kenari roller, kenari crest, dan jenis kenari unggul lainnya. Berikut ini berbagai macam burung kenari  :

1.                  Kenari Red Factor

Kenari merah atau kenari red factor merupakan salah satu burung yang sulit dijumpai di pasaran. Jadi bisa dipastikan kalau ada yang menjual kenari merah, pasti harganya dibandrol cukup tinggi. Burung ini punya bulu warna merah karena mempunyai pigmen dengan wrna serupa yakni merah, merah pastel, dan putih merah.
Kenari merah sendiri kerap dianggap sebagai ratu kenari seperti kenari yorkshire. Hal ini dikarenakan tampilan warna merah yang benar-benar mempesona. Ditambah lagi dengan suara kicau yang cukup merdu menjadikan kenari ini semakin disukai oleh para kicau mania. Sedangkan kekurangannya sendiri, kenari merah tak jarang mengalami pemudaran warna setelah mabung dan gampang bermasalah jika ada gangguan pada tubuhnya.

2.                  Kenari Color Bred

Kenari color bred mempunyai warna yang indah. Karena itu jenis kenari ini digolongkan ke dalam kenari warna. Saat ini warna kenari color bred lebih indah dari yang pernah dikembangbiakkan pertama kali di sekitar tahun 1990-an. Untuk posturnya sendiri kenari ini punya ukuran sekitar 14 cm panjangnya. Kenari ini terkenal lincah dan aktif bergerak sehingga bisa menghibur para pemiliknya yang sedang penat.
Kenari warna memang menjadi salah salah satu primadona, tapi tak jarang juga yang malas untuk mengembangbiakkannya karena untuk menjaga warna yang menarik itu diperlukan kejelian dan kesabaran. Kemudian dari segi harganya sendiri juga terbilang cukup mahal, yakni sekitaran 500 – 1,5 juta rupiah.

3.                  Kenari Cinnamon

Kenari cinnamon atau kenari sinamon pertama dikembangkan sekitaran abad ke-19 di dataran Inggris. Kenari cinnamon merupakan jenis kenari mutasi dari burung liar asal Spanyol. Kenari ini mempunyai postru yang mirip dengan kenari norwich dimana bagian tubuhnya hampir bulat dengan dada yang bidang. Kenari ini juga punya warna bulu yang bagus sehingga tak jarang dianggap sebagai kenari paling bagus di antara semua ras kenari.
Pada umumnya kenari cinnamon punya warna hijau agak kecokelatan. Tapi ada juga yang berwarna putih, namun agak sulit ditemukan saat ini. Untuk bisa mengenali kenari apakah kenari cinnamon atau bukan, kenari cinnamon punya ciri-ciri seperti tubuh bulat, dada bidang, bulu tebal, punggung pendak dan lebar, sayap pendek, ekor pendek, paruh pendek, dan panjang tubuh sekitar 15 – 16 cm.

4.                  Kenari Gloster

Jika Anda merupakan pemula maka disarankan untuk memilih burung kicau yang mudah perawatannya, seperti kenari gloster. Kenari ini dikenal cocok diternak oleh peternak pemula karena bukan hanya perawatannya yang mudah, tetapi juga memiliki fisik kuat dan lincah. Kenari ini mempunyai suara yang cukup merdu, tapi tak bisa digolongkan ke dalam kenari penyanyi.
Sama seperti tiga jenis kenari sebelumnya, kenari gloster juga lebih cenderung dipelihara karena postur tubuh dan fisiknya yang indah ketimbang suaranya. Kenari gloster sendiri mempunyai dua versi, yakni kepala jambul dan kepala polos. Untuk kenari gloster kepala jambul dikenal dengan sebutan Corona, sedangkan kepala polos disebut Consort. Dari kedua jenis kenari gloster ini, yang paling disukai adalah jenis Corona atau jenis burung kenari jambul karena terlihat unik.

5.                  Kenari Crest

Kenari crest atau crested biasa juga disebut kenari jambul atau kenari mahkota. Hal ini bisa dilihat pada bagian kepalanya yang terdapat jambul. Pada awalnya kenari crest atau kenari jambul disebut dengan King of The Fancy yang berarti raja fantasi. Kenari ini berasal dari Skotlandia dan sekarang sudah dikembangbiakkan dimana-mana sehingga di Indonesia pun bisa ditemukan jenis kenari satu ini.
Bicara mengenai fisik, kenari crest sekilas tampak seperti ayam mini. Posturnya yang terlihat gemuk nan imut membuat kenari ini digolongkan ke dalam 3 kategori, yakni kenari postur, warna, dan kicau. Jadi selain memiliki postur tubuh yang bagus, kenari crest juga punya warna bulu yang indah dan suara kicauan atau nyanyian yang merdu sehingga bisa dianggap sebagai jenis burung kenari bersuara merdu juga.

6.                  Kenari Roller

Kenari roller mempunyai sebutan lain, yakni Harzers, yang merupaka nama “nenek moyang” burung ini yang berasal dari negara Jerman atau tepatnya di daerah pegunungan bernama Hartz. Kenari ini dinamakan kenari roller karena kepandaiannya dalam mengeluarkan suara yang ngerol tak henti-hentinya dengan nada dan irama yang bervariasi.
Burung roller sangat disukai karena termasuk jenis kenari penyanyi. Saat mengeluarkan kicauannya, Anda akan mendengarkan nada-nada indah yang keluar dari mulutnya. Suara yang dihasilkan oleh jenis burung kenari buat lomba ini bisa bagus karena terdapat ciri khas berupa gelembung suara yang terdapat pada bagian dagunya. Karena suara jenis kenari burung yang bagus itu pulalah burung ini lebih sering diikutsertakan dalam lomba kicau.

7.                  Kenari Frill

Kenari frill pertama kali dikenal berasal dari Belanda yang muncul pada abad ke-18. Saat ini kenari frill sudah dikembangbiakkan di banyak negara, seperti Italia, Perancis, Belanda, dan Indonesia. Postur tubuh kenari frill cukup besar yakni bisa mencapai sekitar 20 centimeter. Pada tubuhnya terdapat tiga bagian yang unik yang biasa diistilahkan dengan Mantle, Jabot, dan Fin.
Mantle adalah bulu kenari yang berada di sekitaran punggung yang membentuk garis lurus simetris yang membelah punggung. Kemudian jabot adalah bagian bulu dada yang menggelulung ke arah dalam. Terakhir fin adalah bulu-bulu yang berada di sekitaran paha menuju bagian sayap. Salah satu alasan orang memelihara jenis burung kenari keren ini adalah tampilannya yang unik.

8.                  Kenari Belgian

Kenari belgia digolongkan ke dalam varian kenari yang paling tua serta mempunyai ciri khas khusus yang membawa pengaruh terhadap varian kenari berkualitas. Para pecinta kenari biasanya memilih kenari belgia karena posturnya yang unik, yakni mampu berdiri menyerupai bentuk bulan sabit. Meski demikian, untuk bisa mendapati posisi berdiri bulan sabit yang sempurna diperlukan sedikit latihan.
Kenari belgia juga biasa disebut dengan kenari mewah dari Belgia diakrenakan bentuk postur dan tubuh yang bagus serta unik. Untuk ciri-cirinya sendiri jenis burung kenari berkualitas ini mempunyai kepala yang kecil seperti ular, panjang kenari sekitar 17 – 18 cm, dan tampilannya seperti burung bungkuk sehingga membuatnya unik dan semakin dicari-cari.

9.                  Kenari Spanish Timbrado

Sekarang beralih ke tanah pendendang lagu Despacito – Luis Fonsi, yakni Spanyol. Dari dataran Spanyol bisa ditemukan jenis kenari yang tak kalah menarik, yakni kenari spanish timbrado. Kenari ini digolongkan ke dalam kenari penyanyi karena mempunyai suara yang bagus dan bahkan banyak yang menyebutnya istimewa. Selain unggul dari segi suara, bentuk fisik kenari spanish timbrado juga bagus dan mempesona.
Hingga detik ini kenari spanish timbrado masih terus dikembangbiakkan oleh para penangkar karena terus menyedot perhatian kenari mania dari berbagai negara. Untuk ciri-cirinya sendiri kenari spanish timbrado mempunyai postur yang tegas, kokoh, dan seimbang. Dadanya bidang, kakinya pendek, bulunya lebat, ekornya membentuk huruv V, dan yang paling gokil burung ini bisa bernyanyi dengan belasan nada suara.

10.              Kenari Lancashire

Disebut-sebut sebagai jenis kenari termahal di dunia, kenari lancashire memang cukup langka ditemui karena harga pasarannya yang terlampau tinggi ini. Selain mahal, kenair lancashire juga merupakan kenari dengan ukuran tubuh yang besar dan panjang. Bahkan, kenari lancashire juga digolongkan ke dalam kenari terbesar di Inggris. Saat ini keberadaan kenari lancashire yang original agak sulit ditemukan. Biasanya hasil silangan dari kenari lain dan kenari lancashire yang banyak beredar.
Kenari lancashire atau kenari raksasa sebutannya mempunyai pesona yang begitu indah sehingga banyak kicau mania dari berbagai belahan dunia rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk memiliki jenis burung kenari besar ini. Di Indonesia sendiri tidak banyak yang punya kenari lancashire. Jadi jika Anda ingin mengoleksi salah satu kenari yang langka, bisa dipikir-pikir lagi sebelum berburu jenis kenari yang paling dicari karena kelangkaannya ini.

11.              Kenari American Singer

Eperti namanya, kenari ini merupakan salah satu jenis kenari yang pandai bernyanyi. Sebagian kicau mania menyebut kenari ini dengan sebutan “penyanyi dari Amerika” yang mana terjemahan dari nama kenari itu sendiri. Suara kenari american singer memang merdu sehingga sudah jelas kalau kenari ini termasuk ke dalam kenari penyanyi.
Selain merdu, kenari american singer juga punya keunggulan lain dari segi fisik yang bagus dengan warna bulu indah menghiasi bagian tubuhnya. Biasanya kenari american singer digunakan sebagai bahan untuk memaster kenari. Hal ini dikarenakan suaranya yang sudah terbukti merdu dan indah. Sebagai info tambahan, suara yang dihasilkan oleh kenari american singer bisa bagus karena burung ini merupakan hasil perkawinan silang dari kenari border dan kenari roller.

12.              Kenari Japan Hoso

Pernah mendengar jenis kenari bernama japan hoso? Jika belum pernah, mari berkenalan sejenak. Kenari japan hoso adalah kenari silangan dari scotch fancy dengan kenari lokal di Jepang. Jadi sesuai namanya, kenari ini merupakan kenari yang berasal dari negeri matahari. Para penduduk, khususnya penangkar kenari lokal yang pertama kali melakukan kawin silang dari kedua jenis kenari ini. Di negara asalnya, Jepang, kenari ini termasuk burung yang mudah dikembangbiakkan karena tidak membutuhkan perawatan tambahan seperti memasternya atau melatih lagu.
Kenari japan hoso sangat bagus jika dijadikan sebagai burung indukan karena jenis kenari satu ini tidak pernah lelah dalam merawat dan memberi makan anak-anaknya dalam waktu yang bersamaan. Saat ini kenari japan hoso sudah bisa dibeli di Indonesia. Agar tidak tertipu, lebih baik Anda kenali ciri-cirinya terlebih dahulu seperti tubuhnya yang membungkuk, kepala terlihat kecil dengan bentuk semi bundar, leher tipis dan panjang, serta ukuran tubuh sekitar 12 cm.

13.              Kenari Lizard

Cukup dengan melihat warnanya, tentu bisa disimpulkan bahwa penamaan dari jenis kenari ini karena warna burlunya yang mirip dengan sisik kadal. Pada umumnya kenari ini dominan putih dan kuning dengan sedikit warna hitam sebagai pelengkap. Kenari lizard termasuk salah satu kenari yang sudah dikenal banyak kicau mania, termasuk di Indonesia.
Kenari ini dipilih untuk dipelihara karena warna tubuhnya yang unik. Tapi soal suara kicauan, burung ini tidak tergolong sebagai burung penyanyi. Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan sebagian kicau mania untuk memilikinya. Hal ini ternyata ditambah dengan alasan bahwa kenari lizard juga termasuk dalam kategori kenari tertua dalam variasi warna.

14.              Kenari Gibber Italicus

Bagi penggemar kenari berpostur unik dan nyeleneh, maka kenari gibber italicus biasa dijadikan salah satu pilihan. Kenari ini jika dilihat sekilas saja sudah terlihat seperti burung yang cacat, padahal memang seperti itu jenisnya. Burung kenari ini punya postur yang kurus tipis dengan bahu yang bungkuk dan paha berbulu. Banyak juga yang menganggap kalau kenari gibber italicus sebagai kenari cacat jika dilihat posturnya.
Pada bagian kepalanya bisa terlihat juga mata yang besar dan bentuk tengkorak yang datar. Sedangkan bagian dada dan paha hanya terdapat sedikit bulu, jadi sekilas terlihat telanjang. Untuk warna bulu umumnya kuning. Ukuran tubuhnya sendiri sekitar 6 inci. Burung ini telah diakui secara resmi sebagai salah satu burung ras Italia pada tahun 1950. Jadi, apa Anda tertarik untuk memiliki burung yang tampak seperti kenari cacat ini?

15.              Kenari Rusia

Kenari rusia pertama kali dikembangkan oleh penangkar kenari di negara Jerman. Pasti aneh, namanya kenari rusia, tapi awal mulanya berasal dari Jerman, atau tepatnya di daerah bernama Tyrol. Nah, entah kenapa, burung kenari ini kemudian dikembangbiakkan di negara rusia dan sampai saat ini masih ada. Mungkin karena jumlahnya lebih banyak di rusia membuat kenari ini disebut dengan kenari rusia.
Kenari rusia termasuk kenari yang cerdas karena mampu mengeluarkan suara yang mirip dengan suara piano, seruling, lonceng, dan beragam alat musik dengan warna suara yang serupa. Dengan kemampuan semacam itu, kenari ini tentu sangat istimewa di mata kicau mania. Biasanya kenari rusia ini dilatih meniru suara burung jenis lainnya agar lebih banyak variasi suara yang mampu dihasilkan.

16.              Kenari Stafford

Burung kenari stafford merupakan jenis kenari hasil persilangan antara kenari gloster dan kenari merah. Pertama kali kenari ini dikembangkan oleh kelompok tertentu di dataran Eropa yang mempunyai nama Deutche Kolfe sekitaran tahun 1970. Kenair stafford sendiri punya banyak jenis, baik dari bentuk fisik ataupun bulunya. Ada kenari stafford yang berjambul dan tidak berjambul.
Selain fisik, ada juga variasi warna dari kenari stafford, seperti warna polos, bon, dan frost. Kenari stafford merupakan kenari yang tak gampang stres karena dari sisi psikologis kenari ini tergolong ceria. Selain itu, kenari ini juga dikenal mempunyai daya tahan tubuh yang bagus sehingga tidak mudah sakit dibandingkan jenis kenari lainnya.

17.              Kenari Yorkshire

Tentu bagi para penghobi kicau sudah kenal dengan kenari yorkshire. Kenari yorkshire merupakan kenari yang kerap dijadikan indukan utama bagi para peternak kenari. Tujuan pemilihan kenari yorkshire sebagai indukan dikarenakan memiliki warna dan postur tubuh yang ideal dan bahkan terbilang sempurna. Kenari yorkshire sangat unggul dari segi postur yang sempurna, sangar, dan gagah.
Namun mengenai kicauan, kenari yorkshire masih kalah dengan jenis kenari penyanyi lainnya. Meski demikian, kenari yorkshire tetap diminati banyak orang. Biasanya untuk mengakali masalah suara kenari yorkshire dikawinsilangkan sehingga anakan yorkshire bisa menghasilkan suara yang lebih baik dari indukannya. Untuk info tambahan, kenari yorkshire merupakan jenis burung kenari import yang berasal dari kota Yorkshire, Inggris.

18.              Kenari Border

Kenari border atau yang biasa dijuluki Wee Gem merupakan salah satu jenis kenari cumberland fancy. Kenari ini berasal dari wilayah perbatasan antara Inggris dan Skotlandia. Dengan bentuk tubuh yang bulat menggumpal, kenari ini lebih dicari karena posturnya dibanding suara kicauannya. Pada umunya kenari border mempunyai warna kuning cerah dan merata pada sekujur tubuhnya.
Kenari border juga dikenal sebagai jenis kenari yang aktif tapi tidak galak dan suka berkicau. Meskipun aktif, namun pada kenyataannya burung kenari border cenderung lebih pemalu dbandingkan burung peliharaan lain. Maka dari itu dalam pemeliharaannya, burung ini lebih baik dipisahkan dari burung-burung lain yang cenderung lebih agresif. Kenari border juga terkenal suka mandi. Jadi apabila burung ini dimandikan setiap hari maka si burung akan kegirangan.

19.              Kenari Norwich

Pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1850, namanya kenari norwich. Jika dilihat dari posturnya, kenari norwich berbentuk bulat mirip dengan kenari kenari border meskipun kenari norwich lebih kecil. Bedanya, jika kenari border tampak indah pada bagian warna bulu dan bentuk postur, kenari norwich tak hanya berpostur bulat imut, tetapi juga mempunyai kicauan yang unik.
Kenari norwich mempunyai panjang tubuh sekitar 15 – 16 cm dari ujung paruh hingga ekornya. Kenari ini pertama kali dipelihara oleh para penenun yang melarikan diri ke Inggris untuk menghindar dari pembantaian Spanyol. Tetiba di kota Norwich, kenari ini kemudian dikembangbiakkan di sana. Kenari yang mempunyai bentuk pipi chubby ini juga sering disebut dengan John Bull karena postrunya yang gemuk dan cenderung bulat.

20.              Kenari Waterslager

Untuk berikutnya akan dibahas kenari waterslager yang semakin kesini terlihat semakin banyak peminatnya. Kenari waterslager termasuk dalam varian kenari suara. Jadi sudah pasti kenari ini mempunyai suara yang istimewa, seperti mampu menyerupai suara tetesan air, suara seruling, dan bahkan suara dentingan bel. Meski demikian, suara dari kenari waterslager tidak selantang suara kenari jenis lain.
Sebenarnya hal itu bisa diabaikan karena kenari ini mempunyai keunggulan lain, yakni mempunyai keindahan suara yang tiada tara, yakni mampu bernyanyi dengan suara lembut ke arah medium. Untuk mengenali kenari waterslager bisa dilihat dari ciri-cirinya yakni ukuran tubuh sekitar 15 – 16 cm, warnanya lebih dominan kuning pada umumnya, bulu terasa lembut, bentuk paruh mengerucut tajam, dan kenari ini tiadk suka mandi.

21.              Kenari Melayu/Gunung

Jika ingin tahu jenis burung kenari asli Indonesia atau jenis burung kenari lokal maka kenari melayu adalah salah satunya. Selain dikenal dengan sebutan kenari melayu, burung ini juga kerap disapa kenari gunung. Burung ini punya perawakan yang unik bagi sebagian mata yang pernah melihatnya. Pada bagian paruhnya tampak seperti kenari namun tubuhnya pendek seperti burung pipit.
Burung kenari melayu merupakan bagian dari suku Fringillidae yang saat ini sudah menyebar ke hampir seluruh dunia. Kenari melayu sendiri biasa memakan biji-bijian karena punya paruh yang tebal. Pada umumnya burung ini punya warna kuning dan abu-abu. Suara kicauan dari jenis burung kenari yang ada di Indonesia ini bergemerincing pendek yang kadang berbunyi saat terbang. Burung ini juga punya cicitan metalik.

22.              Kenari Scotch Fancy

Di kawasan benua Eropa, burung kenari scotch fancy menjadi salah satu primadona yang banyak dicari, terutama di negara Inggris dan Skotlandia. Kenari satu ini biasa disebut dengan julukan “The Glasgow”. Dilihat dari fisiknya, burung kenari scotch fancy sangat unik dengan tampilan tubuh melengkung yang sekilas mirip dengan kenari belgia. Biasanya kenari scotch fancy dipelihara dengan alasan postur tubuhnya yang unik dan juga punya suara yang cukup indah.
Bagi Anda yang belum mengetahui jenis burung kenari asal Eropa ini, pertama kali kenair scotch fancy dikembangbiakkan sekitaran tahun 1990. Untuk mengenal kenari scotch fancy bisa dengan melihat ciri-cirinya seperti tubuh yang sempit memanjang dan melengkung membentuk sabit, bagian kepalanya berukuran kecil, lehernya panjang dan tipis, kakinya tinggi/panjang, dan ekornya panajng ke bawah dan melengkung juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel