-->

Fungsi Dari Software Power Designer

 

fungsi dari software power designer

Fungsi Dari Software Power Designer - Power Designer adalah program , software atau aplikasi yang bisa dipergunakan untuk membuat sebuah Entity Relationship Diagram atau bisa dinakamakan ERD dalam sebuah database atau basis data. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk merancang atau mengonsep sistem dengan menggunakan DFD atau Data Flow Diagram. Model data yang digunakan untuk pembuatan konsep basis data atau database Dalam Power Designer, ada beberapa macam diantaranya adalah :
1. Conceptual Data Model adalah konsep data yang dibuat berdasarkan hasil dari hipotesis bahwa dunia terdiri dari banyak objek dasar dengan nama entitas dan korelasi antar entitas - entitas atau objek – objek dasar itu.
2. Physical Data Model yaitu konsep data yang menggunakan beberapa atau banyak tabel untuk menyajikan atau menampilkan data serta korelasi antara data - data didalam tabel tersebut.

FITUR – FITUR POWER DESIGNER


Managemen Requirment

Pengelompokan, sambungan, pengaturan, simpan dan laporan pada kebutuhan dengan struktur. Pengelompokan pengguna dan tampilan matrix dapat dicari dengan import Ms Word dan sinkronisasi.

Impact Analysis

Memeriksa akibat atau dampak yang dihasilkan oleh perubahan pada proses data.

Document Generation

Tabel yang dibuat di dalam mocrosoft excel bisa langsung disesuaikan secara otomatis dengan bantuan Document Generation.

Highly Expandable 

Grafik User Interface dapat dimodifikasi, baik profil, database multidimensial, atau scriptnya.

Data Mapping Editor

Sangat mudah untuk memasukkan atau import Extensible Markup Language ke database.

Service Oriented Architecture (SOA)

Arsitektur atau pendekatan terhadap sebuah sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan pada berbagai tingkatan.

Business Modeling

Permodelan proses basis data dalam dunia bisnis serta sambungan dan dukungan Business Process
Model and Notation.

Data Modeling

Konsep pengolahan data dengan didukung oleh beberapa fitur - fitur yang modern seperti Java, XML dan web services dalam database.

Object Modeling

Mendukung pemodelan atau perancangan data secara Visual atau UML atau sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak yang berbasis  pada objek.

XML Modeling 

Mendukung Pemodelan dan perancangan data secara DTD atau Deklarasi Tipe Dokumen yang harus ditambahkan pada Extensible Markup Language.

Enterprise Modeling 

Sambungan global dan teknologi singkronisasi untuk managemen meta data dan lengkapserta analisa yang sangat luas.

RDBM

Mendukung hampir 60 sistem manajemen basis data, termasuk Oracle, IBM DB/2, Microsoft SQL Server, Sybase, MySQL, NCR Teradata dan lainnya.

Object Oriented Language

Mendukung berbagai macam bahasa pemrograman termasuk Java, J2EE, C#, VB.NET, Power Builder, C++,Web, dll.

Integration with Development

Dukungan penuh Power Builder dan Visual Studio melalui plugin dan model untuk sinkronisasi

Ideal Team Solution

Memungkinkan beberapa ide atau konsep perancang dan pembuat model untuk bekerja sama pada project yang sama dan pada waktu yang sama

Cross-Model Impact Analysis

Menyimpan dan merawat relasi pada konsep data yang menyilang untuk tujuan analisa data pada proyek besar.

Softwere Asset Management

Mencari dan menggunakan ulang semua objek dan semua model data dalam projek.

Secure

Mekanisme pengelolaan sejumlah besar hak akses pada basis data dengan kemampuan login dan pemberian hak akses terbatas secara global.

Open

Relational Database Management System mengandung tabel secara utuh dan terdokumentasi untuk laporan.

CARA MENGGUNAKAN POWER DESIGNER

Untuk menggunakan program ini, kita harus terlebih dahulu memahami ilmu – ilmu yang berhubungan dengan database dan bahasa pemrograman. Karena jika kita tidak paham tentang 2 ilmu tersebut, rasanya program menarik ini hanya akan menjadi hiasan di laptop atau pc kalian.

Menggunakan Power Designer untuk menjalankan perencanaan data lalu kemudian akan kita gunakan untuk membangun sebuah basis data atau database. Secara singkat, untuk menjalankan perencanaan data pada Power Designer, kita akan memulai pada tingkatan dasar yaitu CDM ( Conceptual Data Model ). Perencanaan data pada tahap ini dilakukan dengan menggunakan metode ERD ( Entity Relationship Diagram ). Pada tahapan ini, tipe data yang dipergunakan bersifat umum atau tidak spesifik terhadap suatu database tertentu.

Tahap kedua adalah pembuatan Physical Data Model, Physical Data Model merupakan bentuk tipe data yang lebih spesifik dari Conceptual Data Model yang sudah kita buat. Power Designer mempunyai beberapa dukungan target database atau basis data. Sehingga kita tidak perlu khawatir tentang beberapa jenis tipe data yang akan kita gunakan, karena software ini akan menyesuaikan tipe data seperti tipe data yang kita definisikan sebelumnya pada tahap CDM.

Tahap terakhir adalah memanifestasikan Data Definition Language (DDL) dari PDM yang telah kita buat. Melalui Data Definition Language inilah kita dapat menghasilkan objek – objek database (trigger,tabel, procedure, view). Sehingga kemudian Data Definition Language ini dapat kita proses ke software atau aplikasi database yang lain seperti MySQL atau Oracle.

PERBEDAAN MICROSOFT VISIO DAN POWER DESIGNER



Microsoft Visio


Microsoft Visio banyak digunakan oleh sebagian besar perusahaan - perusahaan besar sebagai tool pembuat diagram. Dengan adanya 70 template bawaan dan 4000 bentuk unik, ini adalah alat untuk siapa saja yang ingin menampilkan informasi visual dengan sangat mudah. Dengan Microsoft Visio, kamu bisa membuat diagram bisnis, diagram proses, bagan alur, dan lain sebagainya.

Singkatnya, Microsoft Visio memang luar biasa. Namun software yang satu ini juga sangat mahal, dengan biaya Visio sekitar 75000 / bulan, Visio Standard mulai sekitar 4,5 juta dan Visio Premium dengan harga mulai 15 juta. Jika kita tidak ada rencana untuk menggunakan semua fitur - fiturnya, maka kita tidak perlu membayar dengan harga yang sangat mahal, terutama ketika ada begitu banyak alternative software yang lebih murah.

Visio adalah paket grafis, berguna untuk menggambar, tetapi tidak banyak lagi. Microsoft menambahkan beberapa fitur "pemodelan", tetapi semuanya bersifat statis. Visio tidak mengerti XMI atau pertukaran model lainnya dengan berbeda format, sehingga tidak dapat beroperasi dengan alat pemodelan lainnya.

Power Designer


Power Designer utamanya adalah alat pemodelan data dengan grafik dan beberapa fitur yang cukup baik sehingga tidak salah jika Power Designer sering dibandingkan dengan Visio.Power Designer memiliki model yang terhubung dan terintegrasi, sehingga Anda dapat menggunakan kembali objek dari satu model yang lain. Ini benar-benar membuat standardisasi yang baru dan mengurangi jumlah pekerjaan untuk membuat model data yang baru.

Power Designer bisa digunakan dengan alat pemodelan lain. Selain itu Power Designer terus ditingkatkan dengan sangat signifikan. Ada banyak fitur - fitur tambahan dalam beberapa versi terakhir, dan masih banyak lagi yang direncanakan dalam beberapa tahun ke depan.
Dan jika dilihat dari segi harga, Power Designer memiliki harga yang sangat terjangkau, yaitu di kisaran harga 300.000 untuk Power Designer V16. Jelas harganya sangat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Microsoft Visio.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel