-->

Cara Mengcopy Tulisan Di Website Yang Tidak Bisa Di Copy / Dikunci

Cara Mengcopy Tulisan Di Website Yang Tidak Bisa Di Copy / Dikunci


Cara Mengcopy Tulisan Di Website Yang Tidak Bisa Di Copy / Dikunci – Menyalin tulisan di website sering kali menjadi suatu kebutuhan di kalangan pelajar untuk mengerjakan tugas dari sekolah. Selain itu terkadang mereka menyalin tulisan dari website untuk dipelajari. Tapi kemudahan dalam menyalin tulisan dari website bisa jadi disalah gunakan oleh beberapa pihak untuk keuntungan pribadi.

Tentu para developer atau administrator dari beberapa website itu sudah mengantisipasi dengan banyak hal, agar tulisan yang mereka terbitkan tidak diplagiat oleh pihak lain. Beberapa website ada yang mengunci halaman web mereka dengan menggunakan berbagai macam cara. Namun tetap saja para plagiat masih bisa untuk menyalin tulisan yang mereka buat.

Untuk itu saya mencoba untuk membuat beberapa langkah untuk memudahkan menyalin tulisan dari website yang dikunci, namun tujuan saya hanyalah untuk memudah adek – adek kalian yang statusnya masih belajar untuk menimba ilmu sebanyak – banyaknya.

Sejarah Copy - Paste

Sejarag Copy - Paste


Tidak ada salahnya saat ini, jika kalian  sedikit saja menoleh kebelakang untuk mengerti bagaimana sejarah copy paste tercipta. Orang yang menemukan fungsi copy – paste bernama Larry Tesler. Saat itu Larry tesler adalah seorang teknisi pemrograman di lembaga Xerox Palo Alto Research. Di lembaga itu Larry dan beberapa orang sedang mengerjakan project. Project itu adalah project editor teks yang bernama gipsy. Di lembaga itu Larry membuat beberapa model untuk menyalin dan memindah beberapa bagian teks. Dan hal itulah yang membuat Steve Jobs merekrutnya untuk bergabung dengan Apple. Dan itulah sejarah singkat tentang penemu metode copy paste dalam menyalin teks.

CARA COPY PASTE TULISAN DARI WEB YANG DIKUNCI DENGAN MEMATIKAN FUNGSI JAVASCRIPT


Copy paste tulisan menggunakan javascript ini tergolong merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menyalin atau duplikasi tulisan dari sebuah website yang telah dikunci. Beberapa cara untuk menonaktifkan javascript ini memang berbeda, karena hal itu tergantung pada browser yang digunakan. Dan inilah cara untuk bisa menyalin tulisan pada website yang dikunci dengan menonaktifkan fungsi javascript pada google chrome.

Buka halaman google chrome kalian.

Cara Copy Paste Tulisan Dari Web Yang Dikunci Dengan Mematikan Fungsi Javascript


Perhatikan pada bagian pojok kanan atas layar anda. Disitu ada titik 3 yang tersusun dari atas kebawah. Lalu klik titik tiga tersebut.

Cara Copy Paste Tulisan Dari Web Yang Dikunci Dengan Mematikan Fungsi Javascript


Selanjutnya silahkan klik setting.

Cara Copy Paste Tulisan Dari Web Yang Dikunci Dengan Mematikan Fungsi Javascript


Setelah itu silahkan klik privacy and security. Dan kemudian silihkan klik dibagian site setting. Lalu silahkan cari menu javascript dan scrool kebawah.

Cara Copy Paste Tulisan Dari Web Yang Dikunci Dengan Mematikan Fungsi Javascript


Jika sudah menemukan silahkan klik menu javascript tersebut.

Cara Copy Paste Tulisan Dari Web Yang Dikunci Dengan Mematikan Fungsi Javascript


Setelah tampilannya sepeti gambar diatas, lalu pada bagian block silahkan klik add dan silahkan dimasukkan alamat situs yang tulisannya ingin kalian salin.

Cara Copy Paste Tulisan Dari Web Yang Dikunci Dengan Mematikan Fungsi Javascript


Setelah kalian menuliskan alamat situsnya, silahkan klik add lagi. Sehingga hasil tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Cara Copy Paste Tulisan Dari Web Yang Dikunci Dengan Mematikan Fungsi Javascript


Setelah itu kalian kembali kehalaman website, lalu silahkan direfresh halaman tersebut. Beberapa website akan berubah tampilannya karena banyak bagian dari website itu bergantung pada javascript, dan hal itu bukanlah masalah. Dan silahkan dicoba untuk menyalin beberapa tulisan dari website tersebut.

CARA COPY PASTE TULISAN DARI WEB YANG DIKUNCI DENGAN MENGGUNAKAN EKSTENSI ( CHROME ) ATAU PLUGIN ( FIREFOX )


Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan ekstensi dari browser ( chrome ) atau plug in yang ada di mozila firefox. Cara ini relatif lebih mudah dai cara diatas. Karena kalian hanya perlu mendownload dan instalasi pada browser. File ekstensi ataupun plugin sangat kecil, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cara untuk menambah ekstensi pada google chrome yaitu dengan masuk web store. Caranya adalah buka aplikasi chrome kalian.

Cara Copy Paste Tulisan Dari WEB Yang Dikunci Dengan Menggunakan Ekstensi ( CHROME ) Atau Plugin ( Firefox )


Lalu lihat dipojok atas sebelah kiri ada tulisan “Apps”. Lalu silahkan klik tulisan tersebut.

Cara Copy Paste Tulisan Dari WEB Yang Dikunci Dengan Menggunakan Ekstensi ( CHROME ) Atau Plugin ( Firefox )


Lalu klik tulisan webstore

Cara Copy Paste Tulisan Dari WEB Yang Dikunci Dengan Menggunakan Ekstensi ( CHROME ) Atau Plugin ( Firefox )


Setelah itu silahkan masukkan ektensi yang kalian inginkan di kolom pencarian ekstensi pada web store. Ketikkan tulisan “ right to copy “. Lalu klik tambahkan ke chrome. Dan selanjutnya bisa kalian buka lagi website yang ingin kalian salin tulisannya dan silahkan untuk mencoba menyalin tulisan dari website tersebut.

Untuk Mozilla firefox sendiri hampir sama dengan google chrome. Yang membedakan hanyalah istilahnya saja. Jika dalam chrome disebut dengan ekstensi, maka di firefox ini disebut dengan plugin. Jika di google chrome ekstensinya bernama right to copy maka plugin di firefox bernama “ enable right click & copy “.

MENGUNJUNGI VERSI AMP DARI WEBSITE 


AMP merupakan program open source dari google dengan tujuan untuk meningkatkan kulitas dalam hal kecepatan. AMP adalah kepanjangan dari Accelarate Mobile Page. Salah satu cara untuk kalian menyalin tulisan dari sebuah website adalah dengan mengunjungi versi AMP pada website tersebut. Versi AMP ini merupakan versi sederhana dari sebuah halaman website, karena banyak fitur yang dihilangkan.

Caranya sangat mudah. Buka halaman website yang ingin kalian salin tulisannya.

Mengunjungi Versi AMP Dari Website


Pada alamat URL yang diatas, kalian bisa menambahkan tulisan AMP

Mengunjungi Versi AMP Dari Website


Namun beberapa website tidak mendukung versi amp ini. Jadi mengunjungi versi amp dari website bukan jaminan untuk bisa menyalin tulisan yang dari website tersebut. Untuk website yang tidak mendukung versi amp ini biasanya halamannya akan ada tulisan “ error 404 “ ketika tulisan amp ditambahkan pada alamat URLnya. 

MEMANFAATKAN PESAN DIALOG PRINT 


Ini mungkin akan menjadi cara yang paling sederhana untuk menyalin beberapa tulisan dari website yang terkunci. Yaitu dengan memanfaat menu “ Print “. Rata – rata browser sudah menyiapkan fasilitas untuk penggunanya agar bisa langsung mencetak halaman yang dikunjunginya.

Pada google Chrome tinggal klik menu di pojok kanan atas lalu pilih print.

Memanfaatkan Pesan Dialog Print


Atau bisa juga menggunakan short key dengan menekan tombok CTRL P secara bersamaan.

Memanfaatkan Pesan Dialog Print


Perhatikan gambar diatas, kalian bisa menyalin tulisannya di bagian sebelah kiri.

COPY – PASTE MELALUI FUNGSI INSPECT ELEMENT


Dari sekian banyak cara untuk menyalin tulisan dalam sebuah website, mungkin dengan menggunakan inspect element ini memliki popularitas yang sangat rendah. Karena fungsi dari inspect element ini diperuntukkan para developer website.  Cara ini akan merubah tampilan web secara signifikan.


Kalian bisa melakukan klik kanan pada tulisan di website yang ingin kalian salin, lalu klik inpeksi.


Lalu silahkan pilih tulisan yang akan disalin. Klik kanan lalu pilih copy kemudian copy element.




Semua tampilan website akan berubah. Perintah ini memang dikhususkan bagi para developer website. Jika kalian tidak paham bahasa pemrograman web, lebih baik untuk tidak melakukan cara ini. Cara ini juga tidak bisa menyalin semua tulisan yang kalian kehendaki. Yang bisa disalin dengan cara diatas adalah per paragraph.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk menyalin atau mengcopy tulisan dari website lain. Tapi ingat, jangan jadi plagiat. Hargailah orang yang susah payah untuk menciptakan tulisan yang ingin kalian salin itu. Jika untuk disimpan dan dijadikan bahan belajar maka silahkan gunakan 5 cara diatas untuk menyalin tulisan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel