-->

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan - Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai problematika remaja, definisi dari pendidikan karakter, hingga peran beberapa elemen dalam menunjang pendidikan karakter sejak dini. Dan pada artikel saya kali ini saya mencoba untuk mengupas beberapa pengaruh positif yang dihasilkan jika suatu pendidikan karakter berhasil dilaksanakan.

Apabila pendidikan karakter sejak dini diterapkan di dalam dunia pendidikan di Indonesia, dan berhasil maka para generasi penerus bangsa yakni anak – anak kita nantinya akan menjadi manusia yang tangguh dan bisa dihandalkan untuk masa depan bangsa. Melalui pendidikan karakter sejak dini mereka diajari untuk mengelola suatu pemikiran yang kemudian di aplikasikan pada tindakan didalam kehidupan sehari – hari.

Pengaruh yang paling nyata sudah pasti menyangkut kedisiplinan. Kedisiplinan secara otomatis akan melekat pada mereka tanpa adanya beberapa sangsi jika mereka tidak disiplin. Walaupun sangat sulit, namun bukan berarti hal itu menjadi tidak mungkin atau mustahil untuk dilaksanakan. Disiplin itu merupakan salah satu syarat wajib yang akan menunjang keberhasilan seseorang.

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU, KEPRIBADIAN, DAN TABIAT SISWA

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku, Kepribadian, dan Tabiat Siswa

Pendidikan karakter sejak usia dini akan berdampak sangat banyak pada kekuatan pembentukan karakter atau perangai anak kita di lingkungan manapun mereka berada. Karena mereka sudah mulai bisa berfikir dan bertindak ketika mereka berhadapan dengan hal baik dan buruk, walaupun belum secara majemuk.

Misalnya saja di sekolah selalu ada aturan untuk tidak datang terlambat, atau untuk tidak membolos. Mereka secara otomatis akan datang lebih awal tanpa pernah berfikir untuk datang terlambat. Mereka juga akan menganggap bahwa sekolah adalah lingkungan yang menyenangkan untuk mereka belajar, sehingga mereka akan sangat merindukan lingkungan sekolah apabila hari minggu atau hari libur tiba. Mereka sangat paham resikonya apabila mereka datang terlambat dan membolos sekolah. Mereka tentu saja akan menjadi anutan untuk yang lain.

Salah satu dampak yang positif dalam pendidikan karakter sejak dini adalah anak – anak kita mampu mengolah segala sesuatu yang ada disekitarnya dengan baik. Misalnya mereka sudah bisa memilah kapan mereka harus serius, kapan mereka harus santai, kapan mereka harus belajar, dan kapan mereka harus bermain.

Tak urung hal ini juga akan mereduksi beban kita sebagai orang tua. Karena kita tidak perlu selalu memarahi anak – anak kita untuk belajar. Kita cukup bertanya pada mereka tentang apa yang sudah di lalui mereka dihari itu, untuk memberi perhatian pada mereka. Anak – anak kita nnatinya akan memiliki kemandirian sebagai seorang siswa baik dirumah ataupun disekolah.     

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN TATA KRAMA

Pengaruh Pendidikan Karakter dan Tata Krama

Pengaruh pendidikan karakter yang berhasil bukan hanya pada lingkungan sekolah tentunya, tapi juga dilingkungan keluarga. Pernahkah kita melihat ketika ada seorang anak berjalan melewati orang yang lebih tua darinya dan anak tersebut tidak membungkukkan badan ?. jawabannya pasti PERNAH.
Inilah yang banyak kita lihat di dalam kehidupan. Hilangnya tata krama pada seorang anak kepada orang yang lebih tua secara usia darinya. Bukan hanya kepada orang lain yang lebih tua secara usia, bahkan terhadap orang tua mereka sendiri. Niscaya hal ini tidak akan berlaku pada mereka yang pernah mengenyam pendidikan karakter.

Anak – anak kita yang pernah mengenyam pendidikan karakter akan membungkukkan badannya ketika berjalan melewati orang yang lebih tua. Dan yang paling sederhana adalah ketika mereka akan bepergian kemanapun mereka akan pamit dan pada orang tuanya. mereka secara otomatis akan mengucapkan salam jika keluar dan masuk rumah, lalu mencium tangan kedua orang tuanya saat hendak akan bepergian. Tentu hal ini sangatlah indah untuk dilihat.

Pengaruh pendidikan karakter yang berhasil akan membawa dampak pada kehidupan sosial mereka. Mereka akan memegang teguh tata krama ditengah masyarakat, baik terhadap orang tuanya maupun lingkungannya yang lain. Mereka sudah bisa membedakan cara berkomunikasi dengan teman dan juga dengan orang yang lebih tua. Mereka akan tahu bagaimana caranya menghormati orang yang lebih tua dari mereka. Dan saya yakin, lingkungan juga akan bersikap baik pula pada mereka.

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Siswa

Dampak positif dari pendidikan karakter yang berhasil adalah mereka akan selalu berhati – hati dalam pergaulan . Ketika mereka berhadapan dengan salah satu teman yang notabene nakal atau bandel, mereka secara otomatis sudah mempunyai filter.
Ketika teman yang bandel tersebut mengajak bolos sekolah misalnya atau melakukan hal – hal negatif lainnya. Mereka yang sudah mengenyam pendidikan karakter sejak dini akan paham bagaimana caranya menolak, tanpa harus membuat kecewa teman yang mengajak bolos tersebut. Dan inilah fungsi dari perasaan yang sedikit saya singgung di artikel sebelumnya. Bahkan mereka tidak hanya menolak, tapi juga mampu membawa dampak yang baik bagi lingkungan disekitarnya dalam hal ini adalah teman – temannya.

Mereka akan mempunyai kepribadian yang baik, merangkul semua temannya tanpa peduli beberapa temannya ada yang nakal atau bandel. Dan mereka sudah pasti tidak akan mengikuti arus teman – temannya yang bandel, karena mereka sudah tahu akan dampaknya. Sebaliknya mereka akan memberikan pengaruh yang positif kepada teman – temannya yang bandel karena mereka adalah contoh pribadi tangguh yang nyata. Inilah dampaknya pendidikan karakter terhadap akhlak.

Akhlak adalah sesuatu yang membedakan antara manusia dan binatang. Dan Nabi Muhammad SAW sudah memberikan kita contoh akhlak atau integritas yang baik. Bahkan Umar Ibn Khtatab yang waktu itu menentang keras dakwah Nabi, akhirnya mengucapkan 2 kalimat syahadat. Inilah alasan kenapa dengan karakter positif yang kuat, maka anak – anak kita tidak perlu menjauhi teman – temannya yang notabene nakal atau bandel. Kecuali mereka sudah tidak mau berubah.    

PENGARUH KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Pengaruh Karakter Siswa Terhadap Hasil Belajar

Selain memberikan dampak positif bagi perilaku di sekolah, tata krama, dan akhlak pendidikan karakter juga akan membuat dampak yang positif bagi hasil belajar anak – anak kita disekolah. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa ketika anak – anak kita sekolah, mereka mempunyai tanggung jawab untuk belajar baik itu di sekolah ataupun di rumah. Walaupun saat anak kita masih duduk di bangku SD mereka belum sepenuhnya memahami apa itu arti dari tanggung jawab. Dengan sendirinya mereka bisa mengelola waktu mereka.

Mereka akan tahu kapan mereka harus belajar dan juga bermain. Kapan mereka harus mengerjakan tugas dari sekolah dan menonton televisi. Mereka akan terbiasa dengan sendirinya ketika pulang dari sekolah, mereka harus belajar untuk mengulang materi yang mereka dapatkan di sekolah. Mereka juga akan memahami bahwa di malam hari mereka akan belajar lagi untuk mempersiapkan pelajaran yang akan disampaikan oleh guru – guru mereka besok.Dan hasilnya sudah bisa kita simpulkan bahwa nilai yang bagus saat ujian, akan dengan mudah diraih oleh mereka tanpa harus merasa terbebani dengan belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel