-->

Sebab Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga Dan Solusinya


Pernikahan itu bukan sekedar menyatukan dua manusia yang sangat berbeda, dalam hal ini adalah menyatukan antara dua manusia didalam ikatan yang suci sehingga tidak melanggar aturan, baik dari segi agama, sosial, ataupun hukum. Tapi pernikahan itu lebih luas maknanya dari menyatukan dua individu yang sangat berbeda. Bukan hanya individunya saja yang dipersatukan, melainkan keluarganya, tujuan hidupnya, kelemahan dan kelebihannya dan banyak lagi.



Terkadang proses setelah pernikahan itu berlangsung tidak seindah yang di bayangkan. Kita sering berandai – andai ketika sebelum menikah. Misalnya kita sering membayangkan bahwa setelah menikah, kita akan tinggal dirumah yang sederhana, lalu mempunyai anak, hidup dengan layak setiap harinya. Tapi apakah itu semua dapat tercapai setelah menikah ? Jawabannya adalah belum tentu. Sangat banyak pasangan yang sangat siap untuk menjalani kehidupan sesuai bayangan indah didalam benak mereka tentang kehidupan setelah menikah. Namun hanya sedikit yang siap jika kehidupan setelah menikah jauh dari apa yang diharapkan. Kebanyakan dari mereka tidak siap jika kehidupan setelah menikah jauh dari apa yang diharapkan, dan hal inilah yang sering dijadikan alasan dalam keretakan sebuah hubungan.



Mentalitas setelah menikah



Ketidak siapan dalam menghadapi kehidupan setelah menikah dapat menimbulkan berbagai macam dampak. Salah satunya adalah PERSELINGKUHAN. Kita akan fokus dalam masalah perselingkuhan ini, karena bagi saya masalah ini sangat menarik. Perselingkuhan didalam sebuah pernikahan atau perkawinan tidak memandang siapapun pasangan itu, namun hal itu bisa terjadi pada siapapun, tidak perduli sudah berapa lama usia pernikahannya. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa pasangan kita akan setia, atau tidak akan selingkuh dengan perempuan atau laki – laki lain. Dan juga kita sendiri tidak bisa menjamin untuk setia terhadap pasangan kita. Karena bagi saya hati manusia itu setiap detik berubah. Dan saya yakin bahwa ketika perselingkuhan itu terjadi, maka disitulah pondasi rumah tangga atau hubungan pernikahan sudah goyah.

Dalam beberapa kasus perselingkuhan nampaknya sebagian banyak orang selalu menitik beratkan kesalahan pada orang ke tiga. Namun bagi saya pribadi, yang patut dipersalahkan adalah suami ataupun istri yang selingkuh. Jika saja mereka percaya bahwa perempuan atau laki – laki yang menjadi istri atau suami mereka adalah yang terbaik buat mereka, maka perselingkuhan tidak akan terjadi. Walaupun dalam prakteknya di kehidupan nyata akan banyak sekali hambatannya untuk tetap menanamkan keyakinan itu di dalam hati kita masing - masing. Tapi bukan berarti hal itu tidak mungkin untuk dilakukan.

Tentu dalam setiap kasus perselingkuhan banyak alasan yang diungkapkan oleh orang yang berselingkuh, mulai dari masalah hubungan sex, masalah komunikasi, masalah kenyamanan, dan tentu masih banyak lagi masalah yang akan diungkapkan. Ironisnya terkadang masalah – masalah itu sebenarnya tidak ada, namun dijadikan ada untuk menutupi kesalahan para peselingkuh. Sehingga para peselingkuh berharap dia tidak disalahkan dalam kasus perselingkuhan tersebut.



Contoh Kasus



Saya akan mencoba mengangkat satu kasus perselingkuhan yang benar - benar terjadi di sebuah daerah untuk dijadikan contoh kasus.

         

Beberapa bulan yang lalu di sebuah daerah yang tidak bisa saya sebutkan daerahnya, ada sebuah warung kopi dipinggir jalan. Si penjaga warung kopi itu adalah janda dengan anak satu. Wajahnya cantik, kulitnya kuning langsat, parasnya lembut, berhijab dan banyak sekali hal – hal tentang janda tersebut yang membuat warung kopi disebelah sebuah pabrik tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung. Pengunjungnya pun tentu didominasi oleh para karyawan pabrik. Ada yang hanya ingin ngopi sambil menikmati pemandangan berupa janda cantik itu, ada juga yang sampai memberi perhatian yang lebih kepada janda tersebut. Sebut saja janda itu dengan nama Mawar. Disetiap ada pengunjung yang memesan minuman atau makanan Mawar selalu ternyenyum ramah, dan dalam pandangan saya hal ini masih dalam batas normal. Banyak sekali laki – laki yang mendadak ingin menjadi pahlawan untuk memberikan mawar kehidupan yang lebih layak. Dan diantara mereka ada salah satu karyawan pabrik yang lokasinya bersebelahan dengan warung kopi yang di jaga mawar setiap hari berkunjung ke warung kopi tersebut. Sebut saja namanya Jony. Hampir setiap hari Jony mampir ke warung kopi itu baik sebelum masuk kerja, maupun setelah pulang kerja. Entah apa yang Jony katakan pada istrinya ketika dia pulang kerja terlambat. Terkadang Jony nongkrong dan bercanda dengan Mawar di warung kopi itu selama  3 sampai 4 jam setiap harinya.

Singkat cerita terjalinlah hubungan terlarang antara Jony dan Mawar. Sampai – sampai Jony rela membolos kerja demi untuk mengajak Mawar pergi ke sebuah pantai. Foto – foto mawar dipantai yang diposting di akun facebook pribadinya menandakan bahwa dia sedang bahagia, namun apakah Mawar benar – benar bahagia atau dia sedang berpura – pura, hanya dia dan Tuhan yang tahu. Kebahagiaan antara Jony dan Mawar terus berlanjut. Tidak jarang saat di warung kopi mereka berdua memperlihatkan keakrabannya. Tapi sepandai – pandainya Jony menutupi hubungan terlarang itu, akhirnya tercium juga oleh istri Jony. Saya yakin dalam keadaan seperti itu otak Jony akan berkerja secara maksimal untuk memilih dengan siapa dia akan menjani hidup selanjutnya. Tanpa disadari Jony, hal – hal indah yang sudah dijalani bersama mawar berdampak negatif pada pekerjaannya. Jony sering terpergok tidur saat sedang bekerja. Berbagai kesalahan sering dilakukan Jony, hingga akhirnya Jony dikeluarkan dari pekerjaan, karena dinilai sudah banyak melakukan kesalahan.

Berita mengenai Jony segera menyebar cepat seperti virus COVID-19 keseluruh karyawan di pabrik tempat Jony bekerja. Kasus Jony dan Mawar langsung menjadi tranding topik obrolan diruang istirahat selama beberapa hari. Para karyawan laki – laki menitik beratkan kesalahan pada Jony, sementara para karyawan perempuan menyebut Mawarlah yang harus disalahkan karena Mawar mau menjalin hubungan terlarang dengan laki – laki yang masih berstatus suami sah wanita lain. Namun bagi saya pribadi, Mawar dan Jony sama bersalahnya, tapi Jonylah tersangka utama dalam kasus ini. Logika sederhanya, jika saat itu Jony tidak memberi perhatian yang lebih pada Mawar tentu perselingkuhan itu tidak akan terjadi. Lalu kenapa Mawar sampai mau menjalin pacara dengan dengan laki – laki yang masih sah menjadi suami wanita lain? Tentu mawar sudah tahu, bahwa hubungan yang dijalani dengan Jony adalah hubungan terlarang.



Lalu apa alasannya ?.

Saya akan mencoba menguraikan pertanyaan di atas. Bagi saya jawaban secara teori dari pertanyaan diatas sangatlah mudah dan sederhana. Jony bercerita tentang hal – hal buruk tentang istrinya pada Mawar. Tentu Jony juga akan bercerita tentang hal – hal baik yang sudah dilakukan Jony pada istrinya. Bisa saja hal – hal buruk tentang istrinya dan hal – hal baik tentang dirinya itu sengaja dibuat ada oleh Jony demi untuk mendapatkan simpati dari Mawar. Bagaimanapun Mawar adalah perempuan yang didalam hidupnya lebih dominan dengan perasaan. Ketika mawar merasa iba atau kasihan dengan kondisi Jony, saat itulah Mawar akan berburuk sangka terhadap Istri Jony. Padahal faktanya, baik saya maupun Mawar sama – sama tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam rumah tangga Jony dan Istrinya. Dalam kondisi seperti itu, secara tidak langsung Mawar sudah terperangkap dalam perasaannya sendiri. Sangat manusiawi jika Mawar yang sudah pernah merasakan kegagalan dalam membina hubungan pernikahan, berandai – andai bersanding dengan Jony. Karena Mawar terbayang – bayang dengan kebaikan Jony pada istrinya, perilaku buruk istrinya kepada Jony juga sikap Jony kepada mawar saat berada di warung kopi. Itulah alasan kenapa Mawar mau menjalani hubungan terlarang dengan Jony. Sangat sederhana bukan ?

Sebenarnya hubungan antara Jony dan Mawar diawali dengan rasa penasaran Jony pada Mawar, dan diakhiri dengan kesakitan yang luar biasa dalam hati Mawar karena diakhir cerita mereka, Jony lebih memilih istrinya daripada mawar. Tentu sebuah pukulan yang sangat telak terhadap Mawar, apalagi dia pernah gagal dalam membina hubungan.



SOLUSI



Dari contoh kasus diatas, sebenarnya ada beberapa hal yang harus dihindari agar perselingkuhan tidak pernah terjadi, baik untuk seorang suami ataupun seorang istri. Saya akan  menjelaskan hal – hal yang harus dihindari oleh seorang suami agar perselingkuhan tidak pernah terjadi.



1. Hindari perdebatan dengan istri saat terjadi perselisihan

Perselisihan atau perbedaan pendapat dalam rumah tangga atau, bisa menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan keharmonisan dalam mahligai rumah tangga dan juga bisa menghancurkan apa yang sudah kita bangun, jika kita salah dalam mengambil sikap dan tindakan. Ketika perselisihan terjadi hingga membuat istri mengomel, hendaknya seorang suami mengalah terlebih dahulu. Hal itu pernah dicontohkan oleh Sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Syaidina Umar Ibn Khatab. Syaidina Umar ketika istrinya mengomel, Syaidina Umar lebih memilih untuk diam. Kita bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Syaidina Umar. Dengan harapan agar suami dan istri bisa mendinginkan kepala mereka, lalu bisa duduk bersama untuk mencari solusinya. Jika kondisi keduanya ( suami dan istri ) sudah dingin, atau sudah tidak lagi emosi, kita bisa mengajak istri kita jalan – jalan ke suatu tempat yang enak dan nyaman untuk merefresh otak. Setelah itu kita bisa berfikir jernih untuk mencari solusi atau jalan tengah terhadap masalah - masalah yang menyebabkan kita berselisih dengan istri.



2. Bangkitkan kenangan indah bersama istri

Biasanya setelah terjadi perselisihan, hingga membuat istri mengomel istri lebih banyak akan diam dan bersikap cuek terhadap kita jika solusi masih belum ditemukan. Dan pada saat – saat seperti inilah kita akan melihat wanita lain lebih mempesona dari istri kita. Maka solusinya adalah ingat – ingat kembali hal – hal indah yang sudah pernah dilalui dengan istri. Misal hal – hal indah saat bulan madu, atau hal – hal indah saat pacaran, atau bisa juga hal – hal indah yang lain. Dan yakinilah bahwa Istri kita itu adalah wanita pilihan Tuhan yang benar – benar terbaik untuk kita.

3. Jangan pernah menceritakan masalah apapun kepada lawan jenis

Hal ketiga yang harus dihindari adalah, jangan menceritakan masalah apapun, apalagi masalah di dalam rumah tangga kita pada siapapun kecuali pada sahabat laki – laki yang bisa memberikan pemikiran positif pada masalah kita. Lebih baik masalah rumah tangga kita selesaikan dengan istri secara pribadi. Jika misalnya kita membutuhkan seseorang sebagai penengah, maka seseorang itu janganlah orang tua kita ataupun orang tua istri, karena dikhawatirkan mereka tidak bisa netral dalam memberikan solusi. Pihak ke tiga yang terbaik adalah orang – orang diluar keluarga kita, misalnya Ustadz, Kyai, tokoh agama dan lain sebagainya.

4. Hindari rasa penasaran pada perempuan lain

Hal keempat adalah, hindari rasa penasaran pada perempuan lain secara berlebihan. Misalnya di lingkungan kerja kita ada staff perempuan baru. Sebagai laki – laki ketika mendengar kabar tersebut akan memunculkan rasa penasaran. Seperti apa sih orangnya ?, cantik gak ?, masih jomblo atau sudah nikah ?. Kira – kira pertanyaan itulah yang sering terlintas dibenak kita dan memunculkan rasa penasaran untuk segera mengetahuinya. Untuk memenuhi rasa penasaran tersebut, biasanya kita akan menempuh segala macam cara untuk segera mengetahuinya. Berbagai cara sudah kita tempuh untuk mengetahuinya, ternyata staff perempuan tadi orangnya baik, cantik, dan masih jomblo. Jika rasa penasaran kita cukup berhenti disini, maka  kecil kemungkinan perselingkuhan terjadi. Namun sebaiknya kita perlu menghindari rasa penasaran seperti itu, mengingat kita sudah mempunyai istri.

5. Jangan menerima dan memberi perhatian lebih pada lawan jenis

Hal kelima adalah hindari perhatian lebih dan jangan memberi perhatian lebih pada perempuan lain. Misalnya ada teman kerja perempuan kita yang memberi kita perhatian lebih seperti sering membawan kita makanan saat jam makan siang, atau sering mengajak kita untuk makan siang berdua di luar lingkungan kerja, dan lain sebagainya. Ataupun kitanya malah yang sering mengajak makan siang diluar, atau mengantarkan dia pulang sampai kerumah. Hal – hal itu perlu dihindari, karena para perempuan itu lebih banyak mengandalkan perasaan dalam menjani hidup. Ketika kita mau diperhatikan secara berlebih oleh perempuan lain, maka hal itu bisa meningkatkan peluang terjadinya perselingkuhan. Hubungan kita dan perempuan itu pasti akan tambah dekat setiap harinya. Setalah tambah dekat akan muncul yang namanya perbandingan di otak kita antara istri kita dan perempuan tersebut. Apalagi ketika kita memberikan perhatian lebih pada perempuan lain. Bisa saja akan timbul perasaan dalam diri perempuan yang sering kita antarkan pulang, ataupun sering kita ajak makan siang diluar. Ingat bahwa kita tidak bisa melarang seseorang untuk mencintai kita, namun kita bisa menghindar.

6. Perlakukan istri kita seperti pengantin baru

Hal keenam adalah perlakukan istri kita seperti pengantin baru. Hal ini bisa mempertahankan perasaan kita terhadap istri kita. Kita sebagai seorang laki – laki tentu punya seribu cara untuk untuk mewujudkannya, saat kehidupan rumah tangga terhindar dari rasa bosan dan jenuh maka saat itulah kita bisa meminimalisir resiko perselingkuhan itu terjadi.

7. Menjaga suasana harmonis di dalam rumah tangga

Hal ketujuh adalah menjaga komunikasi dengan istri dan menciptakan suasana yang baru dalam rumah tangga. Kita bisa melakukan beberapa komunikasi dengan istri kita saat kita sedang bekerja. Misalnya kita bisa sekedar bertanya sama istri kita apa yang dia masak untuk makan malam, atau dia sudah makan atau belum, atau kita bisa bertanya tentang anak – anak kita dirumah. Menciptakan suasana baru bisa juga dengan berbagai macam cara, misalnya saat istri kita ulang tahun, berikan kejutan – kejutan padanya yang tidak pernah dia dapatkan. Saya rasa kita sebagai suami cukup cerdas untuk mewujudkan hal itu.

8. Saling terbuka

Hal kedelapan saling terbuka. Saling terbuka dengan istri dalam hal apapun, misalnya tentang masakan istri yang membuat kita tidak selera. Hal – hal semacam itu perlu disampaikan pada istri agar istri memahami selera makanan kita. Dan satu hal lagi yang sering dilakukan oleh para suami adalah menyembunyikan besaran gaji pada istri. Ketika kita melakukan hal itu, maka kita sudah melakukan kebohongan pada istri kita. Ingat, kebohongan besar biasanya diawali dengan kebohongan – kebohongan kecil yang tidak terlihat. Lebih baik kita jujur pada istri kita masalah keuangan, berikan semua gaji yang kita peroleh, walaupun pada akhirnya sebagian akan minta untuk biaya transportasi. Saya rasa istri kitapun akan mudah memberi uang pada kita untuk biaya transportasi asalkan jumlahnya masuk akal.



KESIMPULAN



Dari kisah cinta terlarang antara Jony dan Mawar diatas, kita bisa mengambil pelajaran lewat delapan hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari perselingkuhan diatas. Dan diatas semuanya itu yang terpenting adalah jagalah iman dan taqwa kita. Dan meskipun perselingkuhan saat ini sudah sering terjadi, semoga kita semua bisa membangun mahligai rumah tangga kita yang harmonis.

Sekian dari saya, jika ada kekurangan dan salah penulisan pada artikel saya, itu karena keterbatasan saya. Saya senantiasa menerima jika ada kritikan dan saran demi perbaikan tulisan saya kedepannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel